Cara Cek Status E-KTP Online Dengan Mudah

Cara Cek Status E-KTP Online Dengan Mudah
Gurumaju.com - E-KTP atau lebih mudah menyebutnya KTP Elektronik ialah sebuah kartu kependudukan yang didukung oleh sistem informasi yang sangat akurat, aman, dan tertib administrasi. Hal ini disebabkan e-ktp tersebut sudah diintegrasikan secara langsung bersama database kependudukan di kementerian dalam negeri pusat. 
 
Untuk E-KTP ini ialah pengganti KTP yang masih manual dan Setiap orang hanya memiliki satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) walaupun penduduk itu migrasi ke luar daerah sekalipun. Nah, sistem inilah yang akan mencegah dan bahkan juga dapat mengurangi kemungkinan seorang penduduk memiliki lebih dari satu KTP. Sementara itu, NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di E-KTP ini pun akan di integrasikan demi kepentingan lain seperti halnya untuk pembuatan SIM, Paspor, serta kartu identitas lainnya.
 
Ada kalanya ketika Akan mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi CPNS jalur umum biasanya secara online dan data kependudukan (NIK) dalam laman pendaftaran sudah terintegrasi dengan database  milik Kementrian dalam negeri. namun berdasarkan pengalaman Admin bahwa saat pendaftaran CPNS online ternyata terjadi NIK ganda pada database sehingga walaupun belum pernah mendaftar pada laman tersebut kita sudah tidak bisa mendaftar karena ada pemberitahuan kalau NIK kita sudah digunakan. nah kan…!! ya pada akhirnya Tidak jadi melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS/PNS melalui jalur Umum.

Baca Juga : 

maka dari itu dalam artikel ini Admin akan berbagi bagaimana cara cek NIK baik punya kita sendiri maupun orang lain apakah sudah masuk dalam daftar  Database kependudukan atau belum. dalam melakukan pengecekan dapat dilakukan melalui berbagai cara, silahkan untuk membaca artikel dengan seksama…
1. Cara Pertama
Cara ini tergolong mudah dan resmi dari situs pemerintah sendiri jadi cara yang pertaman ini direkomendasikan sekali untuk Anda semua… untuk cara nya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini”:
  1. Silahkan kunjungi laman: http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik.
  2. Kemudian Masukkan Nomor NIK yang Akan Anda cek
 
2. Cara Kedua
Cara yang kedua ini ialah melalui pihak ketiga, namun tidak usah khawatir karena hasilnya juga akan sama saja, jika mungkin masih ragu silahkan cek NIK Anda dengan menggunakan kedua cara yang telah saya berikan di artikel ini. untuk langkah-langkah melakukan cek NIK pada cara kedua ini ialah:
  1. Silahkan Buka Situs http://ektp.cektkp.com/.
  2. Kemudian Selanjutnya isikan kolom yang disediakan mulai dari Nama, sampai Kota/Kabupaten. 

----------------------------------------------------------------------------------
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Cara Cek Status E-KTP Online Dengan Mudah" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Status E-KTP Online Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel