Banyak Sekolah Mendaftarkan Diri Ikut Full Day School Tahun Ini

Banyak Sekolah Mendaftarkan Diri Ikut Full Day School Tahun Ini
Gurumaju.com – Dengan direstuinya rencana Full day school, ternyata sampai saat ini banyak sekolah baik berstatus negeri maupun swasta pada tahun ini berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk menerapkan sistem baru dengan nama  full day school. Hal ini dikatakan staf khusus Mendikbud bidang komunikasi publik Nasrullah di sela focus group discussion (FGD) bertema "Penguatan Media dalam Menyosialisasikan Kebijakan Mendikbud" di Malang, Jawa Timur.

Terbukti sampai saat ini Sebanyak 5.000-10.000 sekolah negeri dan swasta mendaftarkan diri untuk menerapkan sistem Full Day School  atau sekolah sehari penuh pada tahun ini. seperti yang diketahui ide ini digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendy pada pertengahan tahun ajaran 2016 lalu.
 
Ia mengakui, konsekuensi dengan diterapkan sistem full day school tersebut harus ada penambahan fasilitas di lingkup sekolah. Penambahan fasilitas umum di sekolah tersebut menggunakan dana hibah untuk penguatan karakter. Namun meskipun demikian, kucuran dana tersebut tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan masih diverifikasi.

Pada awal penerapan full day school tahun lalu, lanjut Nasrullah, sekolah-sekolah yang menjadi percontohan sebanyak 540 sekolah tersebut mendapatkan dana hibah murni.
"Targetnya tahun 2019, seluruh sekolah negeri maupun swasta sudah menerapakan full day school tersebut," kata Nasrullah seperti dilansir dari Antara.


Menyinggung banyaknya keluhan dari orangtua karena dalam penerapan full day school, hari Sabtu libur sehingga anak-anaknya lebih banyak bermain di luar rumah, Nasrullah mengatakan memang diperlukan kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah.


"Jangan karena sudah full day school, anak-anak libur terus dibiarkan tanpa ada pengawasan dari orangtua. Tujuan dari full day school ini, di antaranya agar orang tua dan anak-anak memiliki waktu bersama (family time) dan itu tidak harus berbiaya mahal, apa yang dilakukan dan dikerjakan orang tua bisa dikerjakan bersama anak-anak," uangkapnya.


----------------------------------------------------------------------------------
Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Banyak Sekolah mendaftarkan Diri Ikut Full Day School Tahun Ini" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...


Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…

Banyak Sekolah Mendaftarkan Diri Ikut Full Day School Tahun Ini Banyak Sekolah Mendaftarkan Diri Ikut Full Day School Tahun Ini Reviewed by Guru Maju on 9:17 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.