PEMBERITAHUAN:
Perlu diketahui, bahwa Mendownload di situs Gurumaju.com ini sangatlah mudah Anda hanya perlu meng-Klik Tautan yang telah disediakan maka Anda akan langsung mendapatkan file yang diinginkan (tidak diputar-putar melalui Safelink terlebih dahulu).

Trik Rahasia Microsoft Office Word Dengan Menggunakan Tombol Kombinasi


Trik Rahasia Microsoft Office Word Dengan Menggunakan Tombol Kombinasi
Trik Rahasia Office Word dengan menggunakan tombol kombinasi, rahasia tombol kombinasi pada word,Kombinasi tombol rahasia pada word

Gurumaju.com – Sebenarnya Microsoft Word mempunyai banyak sekali trik-trik rahasia hanya dengan menggunakan beberapa langkah dengan memencet tombol kombinasi pada keyboard, namun mungkin sebagian banyak dari pengguna microsoft word ini belum menyadari hal itu karena kenyataannya masih banyak diantara kita yang masih menggunakan cara-cara manual untuk melalukan suatu perintah pada microsoft office word padahal sebenarnya perintah tersebut dapat dilakukan hanya dengan beberapa langkah menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard. Contoh kecilnya saja ketika kita ingin melakukan copy paste di Office Word, maka cara cepatnya kita bisa menggunakan shortcut Ctrl+C (Copy) dan Ctrl+V (Paste). Meskipun trik ini bukan hanya bisa kita nikmati di Office Word saja. Asal Anda tahu juga sebetulnya masih banyak trik-trik mempercepat pekerjaan Di Office Word.

Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba memberikan beberapa trik rahasia dari Microsoft Office Word yang masih jarang orang tau :

1. Mengubah Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya
Admin Pribadi sebelum tau trik ini, ketika sedang mengetik ketika menemukan huruf besar (Uppercase) atau kecil (Lowercase) masih menggunakan cara manual yaitu menggunakan tombol yang secara umum semua orang tau yaitu tombol “Caps Lock” untuk menulis banyak huruf kapital, namun jika ingin menulis huruf kapital yang mungkin hanya di depan kata saja biasanya saya menggunakan tombol “Shift+Pencet tombol huruf yang diinginkan”.

Setelah memahami trik yang akan saya bagikan ini ternyata cara tersebut sangat membuang-buang waktu kita ketika kita dituntut untuk mengetik berlembar-lembar dan diburu waktu, namun jika kita mengetik hanya sedikit dan tidak terburu dengan waktu mungkin hal ini tidak akan ada bedanya.  Ada trik cepatnya jika kita ingin mengubah huruf di Office dari Lowercase ke Uppercase atau sebaliknya, yaitu menggunakan tombol kombinasi keyboard. Kita hanya membutuhkan dua kombinasi tombol keyboard saja, yaitu tombol Shift dan F3 ditekan secara bersamaan (Shift+F3).
Caranya silakan Anda block huruf atau kalimat yang diubah, kemudian tekan shortcut Shift+F3. Ketika pertama huruf kecil semua maka setelah diberi efek Shift+F3 maka huruf awalnya akan menjadi kapital, dan jika ditekan lagi Shift+F3 maka tulisan menjadi kapital semua. Silahkan dipraktekkan..!!
Baca Juga :  Mengatur Ukuran Legal/F4 di Microsoft Office di Indonesia
2. Memindahkan Ketikan Lebih Cepat
Ada kalanya saat kita sedang mengetik, kita ingin memindahkan text dari satu kalimat atau lebih ke paragraf yang lain. secara umum Cara yang sering dilakukan adalah dengan block tulisan kemudian copy lalu hapus dan paste di tempat yang dimaksud. Padahal ada lagi trik yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3 untuk copy tulisan sekaligus menghapus dan Ctrl+Shift+F3 untuk paste tulisan.
Cara cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol F2. Block tulisan yang ingin dipindah, tekan F2 lalu pindahkan kursor ke lokasi tempat yang dituju dan Enter untuk proses paste.

3. Memindahkan Kursor/Titik Sisip Lebih Cepat
Ketika kita ingin memindahkan titik sisip di layar Office Word biasanya kita menggunakan tombol panah pada keyboard. Atau trik lainnya kita bisa menggunakan mouse. Namun tahukan Anda untuk memindahkan kursor ini ada juga trik cepatnya, yaitu menggunakan shortcut Shift+F5. Ketika kita menekan Shift+F5 maka kursor mouse akan berpindah cepat ke spot terakhir yang awalnya kita edit. Hal ini sangat berguna ketika jumlah halaman di Office Word sudah banyak. Trik ini akan berfungsi juga walaupun file dokumen Office Word sudah Anda tutup.

4. Block Tulisan Lebih Cepat
Ketika kita ingin block satu paragraf biasanya kita akan melakukan klik tiga kali dengan cepat pada paragraf yang dimaksud. Atau ketika kita ingin mem-block semua tulisan di Office Word maka cara cepatnya bisa menggunakan shortcut Ctrl+A. Lalu bagaimana jika kita ingin block paragraf dalam bentuk kotak apakah bisa kita lakukan? Tentu saja bisa! Namun ketika Anda melakukan block pada paragraf harus sambil menekan tombol Alt kemudian klik dan seret menggunakan kursor mouse.

5. Trik selanjutnya saya berikan dipostingan berikutnya…….

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik Rahasia Microsoft Office Word Dengan Menggunakan Tombol Kombinasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel