Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Prota PAI Kelas 1 Semester 1 SD K13 Revisi 2021

Gurumaju.com – Sebagai tenaga pendidik, Anda pasti melakukan pemberkasan administrasi yang tidak sedikit. Bahkan hal ini tidak hanya dilakukan dalam sekali selama mengajar, namun di setiap semesternya. Untuk itu Anda membutuhkan referensi dari download prota PAI kelas 1 Semester 1 SD K13 revisi 2021 yang akan disajikan berikut ini.

Download Prota PAI Kelas 1 Semester 1 SD K13 Revisi 2021
Download Prota PAI Kelas 1 Semester 1 SD K13 Revisi 2021

Prota atau program tahunan sendiri merupakan susunan dari alokasi waktu untuk pembelajaran dalam kurun waktu satu tahun guna mencapai standart kompetensi atau SK dan juga komptensi dasar atau KD. Adapun alokasi waktu ini sangat dibutuhkan supaya semua SK dan SD diterima oleh semua siswa-siswi sekolah.

Langkah Menyusun dan Fungsi Prota Pada Pendidikan

Para tenaga pengajar biasanya akan melakukan penyusunan prota setelah mengetahui jumlah jam mengajar mata pelajaran. Dari sekian banyaknya waktu yang disediakan Anda harus sebisa mungkin mengalokasikan waktu tersebut lewat prota. Contohnya seperti download prota PAI kelas 1 Semester 1 SD K13 revisi 2021.

Umumnya hal tersebut dilakukan ketika diawal tahun ajaran baru. Keberhasilan seorang guru dalam menyusun prota akan sangat mempengaruhi administrasi pembelajaran yang lainnya. Misalnya saja RPP dan semester silabus.

Mengetahui prota beserta contohnya pada download prota PAI kelas 1 Semester 1 SD K13 revisi 2021 membuat Anda mungkin juga membutuhkan ulasan mengenai fungsi utama dari prota itu sendiri. Adapun fungsi-fungsi tersebut dapat dibagi menjadi 4 yakni :

1. Menjadi acuan untuk bisa mengoptimalkan atau memaksimalkan pemakaian waktu yang efektif untuk pembelajaran yang memang sudah disediakan.

2. Mengorganisir pembelajaran supaya dapat berjalan dengan lancar dan optimal sesuai kehendak.

3. Menjadi panduan utama untuk bisa menyusun promes dengan baik.

4. Menjadi pedoman untuk menyusun kalender pendidikan yang sesuai.

Sementara untuk bisa menyusun prota dengan baik, tidak hanya dibutuhkan ketelatenan saja melainkan ada beberapa langkah yang harus dipraktekkan. Tidak hanya sebatas asal-asalan saja karena prota menjadi acuan penting yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.

Jika ingin melihat contohnya secara langsung Anda bisa langsung klik download prota PAI kelas 1  Semester 1 SD K13 revisi 2021 yang disediakan. Namun apabila ingin melewati langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini.

1. Melakukan analisa terhadap kalender pendidikan serta menyesuaikan kebutuhan didasarkan karakter ataupun ciri dari unit satuan pendidikan dari tenaga pengajar.

2. Memberikan tanda untuk hari-hari libur, minggu efektif pembelajaran, jam efektif belajar dalam seminggu, dan permulaan tahun ajaran baru. Adapun beberapa hari libur yang harus diberikan tanda diantaranya seperti :

· Hari khusus

· Akhir tahun ajaran

· Keagamaan

· Hari besar nasional.

3. Memperhatikan minggu-minggu yang efektif dengan tujuan mengalokasikan waktu pada setiap kompetensi dasar.

4. Menetapkan pengalokasian waktu yang dibutuhkan pada setiap mata pelajaran, pokok bahasan di pekan yang efektif, dan kompetensi dasar. Sementara untuk alokasi waktu yang disediakan haruslah sesuai dengan ruang lingkup materi, tingkat kesulitan, pentingnya materi, dan lain-lain.

Semua langka diatas haruslah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengajar. Sehingga Anda tidak hanya membuat dengan melihat contoh saja melainkan harus dengan perhitungan yang matang dan diharapan dapat memenuhi tujuan dari pembuatan prota itu sendiri.

Itulah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menyusun prota beserta fungsi-fungsinya. Bagi para tenaga pengajar yang masih pemula, Anda dapat melihat referensi dari link download prota PAI kelas 1 Semester 1 SD K13 revisi 2021 ini. Di dalamnya sudah ada file yang Anda butuhkan.

Prota PAI Kelas 1 K13 Semester 1 [Download]

Baca Juga:

Perangkat PAI SD K13 Revisi 2021 Lengkap

Demikian Informasi yang dapat Admin sampaikan mengenai Download Prota PAI Kelas 1 Semester 1 SD K13 Revisi 2021, Terima kasih telah berkunjung, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Download Prota PAI Kelas 1 Semester 1 SD K13 Revisi 2021"