Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 (Tahun Akademik 2019/2020)

Gurumaju.comPersyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 Tahun Akademik 2019/2020, atau Informasi Persyaratan dan Pendaftaran SBMPTN 2019 / 2020 ini Admin informasikan untuk Adik-adik yang sebentar lagi akan lulus sekolah dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi melalui Jalur SBMPTN 2019/2020.
Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 (Tahun Akademik 2019/2020)
Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 (Tahun Akademik 2019/2020)
Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 (Tahun Akademik 2019/2020). Penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

SBMPTN 2019 merupakan seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa, dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Info Persyaratan SBMPTN 2019  ini meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan jumlah pilihan PTN serta program studi. Secara rinci, informasi lengkap mengenai SBMPTN 2019 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.

LATAR BELAKANG SBMPTN 2019
Seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN melalui ujian tulis telah menunjukkan berbagai keunggulan dan keuntungan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi peserta, keuntungan seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah.

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tulis atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan. Pelaksanaan SBMPTN tahun 2019 terdiri atas Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018  dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018  dan 2019. Pada tahun ini Panitia Pusat akan melakukan peningkatan layanan peserta UTBK.

Ujian tulis yang terdiri atas UTBC dan UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik pengembangan tes. Ujian tulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek), serta bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Sampai Artikel ini ditulis, menurut pantauan Admin Gurumaju.com belum ada Informasi mengenai Persyaratan SBMPTN 2019 ataupun Jadwal SBMPTN 2019 secara resmi belum dirilis secara resmi.




Demikian Informasi mengenai Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 / 2020 yang dapat Admin bagikan. Terus Pantau Gurumaju.com untuk mengikuti Perkembangan Informasinya.

Posting Komentar untuk "Persyaratan dan Jadwal SBMPTN 2019 (Tahun Akademik 2019/2020)"