Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter

Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter
Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter
Gurumaju.com –  Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter, 'Berita palsu' di internet menjadi topik pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir - terutama sejak pemilihan presiden di Amerika Serikat, dan juga di Indonesia baru-baru ini terkait dugaan penistaan agama.

Berita-berita palsu atau Berita Hoax biasanya sering muncul utamanya di Facebook, Google, dan Twitter yang masing-masing platform memiliki sistem tersendiri yang memungkinkan untuk para penggunanya melaporkan berita palsu tersebut. Lain Platform biasanya lain juga fitur yang diberikan kepada para pengguna.

Pada kesempatan ini Admin akan membagikan Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter, dengan berbagai fitur dari masing-masing Platform yang tentunya berbeda juga cara melakukan langkah-langkah pelaporannya tersebut. ada yang belum memiliki fitur khusus untuk melaporkan unggahan dimedia sosial namun ada juga yang telah memiliki fitur tersendiri untuk mengatasi hal ini.

Sebelum Anda melaporkan berita palsu itu, Anda harus terlebih dahulu bertanya pada diri Anda: apakah saya yakin berita ini palsu atau hoax? Apakah berita itu sudah dilaporkan juga oleh sumber berita yang lain? Apakah bukti-buktinya meyakinkan?

Facebook

Jika Anda menemukan Informasi Palsu maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan atas (terlihat di lingkaran merah) dan pilih "report post" atau jika Anda dalam pengaturan berbahasa Indonesia, Anda bisa pilih 'laporkan kiriman'.

Setelah itu Anda akan ditanya, "Apa yang terjadi?" Di sini, Anda diminta memilih alasan mengapa Anda melaporkan unggahan itu. Jawaban terbaik, adalah yang kedua yaitu, "menurut saya ini tidak seharusnya ada di Facebook."

Jelaskan lebih rinci dalam jendela selanjutnya. Pilihlah opsi, "ini adalah kabar berita salah" atau dalam bahasa Inggris pilihlah, "It's a false news story."

Satu hal lagi, kami merekomendasikan Anda melakukan semua opsi ini. Blokir, sembunyikan semua unggahan dari akun tersebut, dan berbagai opsi lainnya.

Google

Bagaimana jika ketika kita melakukan pencarian di Google kemudian menemukan informasi Palsu apakah google juga menyediakan fitur untuk melaporkan berita hoax?

Jika Anda ingin memberi tahu Google, Anda harus pergi ke paling bawah laman dan mengklik 'feedback'. Beri keterangan yang jelas dan masukan tautan yang Anda laporkan. Misalnya, tulis bahwa, "Hasil pencarian paling atas adalah situs berita palsu dan isinya tidak benar."

Jangan lupa melakukan 'screenshot' dan mereka bahkan meminta Anda menunjukan mana kalimat-kalimat yang tidak benar.

Twitter

Twitter Saat ini cukup aktif dalam mengatasi ujaran kebencian dan ancaman dalam situs mikro-blog mereka, akan tetapi belum ada fitur khusus dari Twitter untuk kita melaporkan jika ada “Informasi palsu” atau “Berita Hoax”. Jika Anda menemukan Informasi Hoax dalam unggahan di Twitter maka silahkan laporkan Unggahan tersebut, untuk cara melaporkannya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Silahkan Anda klik simbol tiga titik di bawah kanan dan pilih 'report tweet' atau 'laporkan kicauan'. Tidak ada pilihan khusus untuk melaporkan sebagai Berita Palsu, maka langkah terbaik untuk melaporkan sebah berita di Twitter adalah dengan memilih Opsi sebagai Spam atau “Saya tidak tertarik”

Instagram

Jika Anda menemukan Informasi Hoax dan ingin melaporakannya maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Klik simbol tiga titik di kanan atas  pada unggahan di Instagram kemudian pilih 'report' atau 'laporkan' dan pilih 'Ini tidak pantas' atau 'inappropriate'. cara ini artinya Anda telah melaporkan unggahan tersebut sebagai “Spam” karena didalam Instagram belum ada opsi untuk melaporkan langsung sebagai berita palsu.

Demikian informasi mengenai artikel yang berjudul Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter. Terima kasih, semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitterini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, Salam Sukses Pendidikan…
Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter Cara Melaporkan Berita "Hoax" di Facebook, Google, dan Twitter Reviewed by Guru Maju on 12:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.