Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun

Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun
Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun
Gurumaju.com –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah mengusulkan kenaikan anggaran pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2018 nanti melalui rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat.
"Kami mengusulkan tambahan anggaran pada tahun 2018, yaitu sebesar Rp2,012 triliun," kata Mendikbud, Muhadjir Effendy, yang Gurumaju.com kutip dari situs Antaranews.

Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun tersebut secara rincinya ialah terdiri dari Rp7,8 miliar untuk Sekretariat Jenderal (Setjen), kemudian Rp1,077 triliun untuk Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS), Rp172 miliar untuk Balitbang, Rp101,9 miliar untuk Badan Bahasa, Rp86,846 untuk kebudayaan, dan Rp565,3 miliar untuk Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Usulan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun tersebut akan digunakan untuk penambahan sasaran Bantuan Operasional Pendidikan pendidikan nonformal yakni paket A, B dan C serta kursus keterampilan.
"Kemudian, meningkatkan layanan pendidikan anak usia dini, memperkuat program-program kebudayaan, dan memperkuat pengembangan bahasa dan perbukuan," jelas dia.

Usulan penambahan anggaran tersebut, juga dikarenakan adanya beberpa faktor lain, diantaranya seperti untuk memperkuat jaminan kualitas pendidikan dengan meningkatkan akreditasi satuan pendidikan formal dan informal, penambahan unit kerja dan juga untuk tambahan tunjangan profesi guru.

Sedangkan Untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sendiri mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp40,1 triliun dalam RAPBN 2018. Jumlah tersebut naik sebesar 9,1 persen dibandingkan anggaran pada 2017.

Mendikbud mengatakan pihaknya pada 2018, akan memberikan perhatian pada penguatan pendidikan vokasi, peningkatan kualitas para guru, penguatan penjaminan mutu pendidikan, penyelarasan pembangunan pendidikan dan kebudayaan, serta pembangunan sarana dan prasaran pendidikan di daerah terluar, terdepan dan tertinggal.

Perhatian: Sebelum menutup Artikel "Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliunini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memberikan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan senang hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun Kemendikbud Usulkan Kenaikan Anggaran di RAPBN 2018 Sebesar Rp2,012 Triliun Reviewed by Guru Maju on 5:56 PM Rating: 5
Powered by Blogger.